iklan banner

Bulan Keluarga Masa Adven Minggu ke 3 di Lingkungan Arcadius V

Pertemuan Masa Adven minggu ke 3 di Lingkungan Arcadius V diadakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2022 pukul 20:00 WIB bertempat di rumah bapak Hengki blok PK no 9 dengan fasilitator Bapak Theodorus dan dihadiri oleh 13 orang.

Sebelum dimulai, bapak Theo mengajak refreshing dengan gerakan yang perlu konsentrasi, kemudian dilanjutkan dengan mengajak umat mengingat topik minggu Adven 1 adalah Aku dan Kamu Dikasihi Tuhan dan topik minggu Adven 2 adalah Kita Adalah Saudara, maka rangkaian saudara adalah di minggu Adven 3 dengan topik “Kami Siap Membantumu”.  Kita diajak melakukan tindakan nyata dalam persaudaraan dengan membantu saudara yang membutuhkan

Diawali dengan Doa Tobat dan dilanjutkan dengan Doa Pembukaan dibaca bersama dan lagu pembukaan Pertolonganmu. Untuk menjelaskan topik Kami Siap Membantumu, umat yang hadir dibagi kedalam 4 kelompok, dan tiap kelompok diminta untuk merespon kondisi yang diberikan, apa yang dilakukan terhadap kondisi yang dihadapi, makna apa yang dirasakan dengan kondisi dan yang dilakukan.
  • Kelompok 1 dengan kondisi selesai sebuah acara dimana sampah berserakan, piring kotor menumpuk
  • Kelompok 2 dengan kondisi ketika sedang santai di warung kopi, ada seorang pengemudi butuh bantuan
  • Kelompok 3 dengan kondisi ketika dapat tempat duduk di KRL, ada penumpang lansia yang naik kRL dengan membawa beban berat
  • Kelompok 4 dengan kondisi ada acara perpisahan kelas 6 dan diminta untuk mempersiapkan acaranya
Tiap kelompok diminta memperagakan tindakan yang dilakukan dan makna yang didapat dimana kita harus peka dan peduli kepada yang membutuhkan pertolongan.

Bacaan Kitab Suci Injil Lukas 6 : 30 - 36 Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu dan janganlah meminta kembali  kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu,  perbuatlah juga demikian kepada mereka. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu?  Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu?  Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka  dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi,  sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.  Hendaklah kamu murah hati,  sama seperti Bapamu  adalah murah hati."

Kemudian dilanjutkan dengan lagu peneguhan Jangan Pernah Menyerah, lalu dilanjutkan Doa Bulan Keluarga dan Doa Penutup dibacakan bersama. Dan diakhiri dengan lagu penutup Hidup Ini Adalah Kesempatan 






Demikian pertemuan minggu ke 3 masa adven di Lingkungan Arcadius V, semoga kita bisa terbuka, peka, dan menyediakan diri membantu sesama.

Semoga di pertemuan minggu ke 4, umat Arcadius V lebih tergerak untuk lebih banyak yang bisa hadir. Tuhan memberkati. Amin 🙏


Penulis : Agnes Evelyne & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Bulan Keluarga Masa Adven Minggu ke 3 di Lingkungan Arcadius V "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel