iklan banner

Warisan Penting Santo Albertus Agung

Artikel ini adalah tulisan ibu Diana ( Lingkungan Felisitas ) Pemenang Juara Harapan 1 dari Lomba Menulis dalam Webinar Tehnik Menulis Berita untuk Pemula, yang diadakan oleh Bidang HUMAS WKRI Cabang St. Albertus Agung, Paroki Harapan Indah, Bekasi pada tanggal 16 November 2022 dengan Narasumber Ibu Anastasia Warih.

Hari Pelindung Paroki Harapan Indah Santo Albertus Agung jatuh pada tanggal 15 November. Sebagai ungkapan perayaan syukur Santo Pelindung, Gereja Santo Albertus Agung Harapan Indah Bekasi mengadakan seminar tentang “Warisan Pemikiran Santo Albertus Agung Untuk Masa Kini”.

Seminar diadakan pada Minggu, 20 November 2022 pukul 10.30 sampai pukul 13.00 WIB bertempat di Gedung Karya Pastoral ruang 203 – 204. Sebagai narasumber dihadirkan Romo Riki Maulana, Pr yang merupakan Dosen Teologi Filsafat Driyakara Jakarta. Sedangkan panitia pelaksana seminar ini adalah wilayah Santo Petrus.

Seminar diadakan secara online dan juga offline, sebagai antisipasi banyaknya peserta. Ada sekitar 50 umat yang mengikuti seminar ini secara online dan 82 umat yang hadir di GKP. Hadir dalam seminar ini Pastor Kepala Paroki, RD Yustinus Kesaryanto, para Anggota Dewan Harian, Para Koordinator Wilayah, para Ketua Lingungan, para pengurus OMK, serta perwakilan kelompok kategorial

Dalam seminar tersebut, Romo Riki mengatakan bahwa warisan penting Santo Albertus Magnus, yang bisa diambil dan dilestarikan, adalah :

1. Bersikap kritis dan tidak mudah percaya terhadap apa yang didengar atau dibaca, sebelum tahu kebenarannya.

2. Mencari kejelasan dan penjelasan, tidak menyebarkan informasi / berita yang tidak tepat, tidak sesuai realita /fakta.

3. Beriman tidak berarti menyingkirkan ilmu pengetahuan. Iman memberikan makna hidup, dan ilmu pengetahuan membantu mengembangkan, memajukan kehidupan.

Romo Riki juga menyampaikan bahwa semenjak kecil, Albertus menyukai keindahan alam dan terbiasa menjelajahi hutan dan sungai di daerahnya. Bahkan Albertus yang dikenal rendah hati dan suci hidupnya ini juga bisa memahami bahasa hewan.

Albertus mampu mengkombinasikan kehidupan rohani, pewartaan dan mengajar. Kesalehan hidup dan pengetahuannya yang luar biasa luas serta mendalam itu, membuatnya semakin terkenal, sehingga kemudian diangkat sebagai mahaguru. Albertus juga disebut sebagai Yang Agung, Tiang Gereja, Doktor Umum atau Sarjana Umum. Salah satu muridnya yang terkenal adalah Thomas Aquinas, yang kemudian juga dihormati sebagai seorang Sarjana Gereja, seperti gurunya.

Seminar diakhiri dengan tanya jawab serta penyerahan tanda kasih kepada Romo Riki sebagai nara sumber dan foto bersama. Terima kasih kepada panitia yang sudah menyelengarakan seminar ini. Semoga dengan sharing di seminar ini, umat paroki, Santo Albertus Agung Harapan Indah dapat semakin meningkatkan iman kepercayaan dan pelayanannya.







Penulis : Diana  & Publisher : Hery WW - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Warisan Penting Santo Albertus Agung"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel