iklan banner

BULAN KELUARGA – MINGGU ke-4 ADVEN PERTEMUAN LINGKUNGAN SANTO ARCADIUS 1

Minggu,  18 Desember 2022 telah dilaksanakan pertemuan keempat Bulan Keluarga oleh Umat Lingkungan Arcadius 1. Pertemuan keempat ini dilaksanakan mulai pukul 19.30 bertempat di rumah Bapak Petrus Bancin. Tema Bulan Keluarga yang pertama ini adalah “Natal Milik Kita Bersama” dibawakan oleh Ibu F Indriyani. dalam Bulan Keluarga pertemuan minggu yang ke-4 ini kita akan belajar bersama untuk mengungkapkan perasaan yang muncul dan pengalaman yang menyertainya. Cara bermainnya sebagai berikut : 
  • Duduk bersama keluarga dan membuat kartu perasaan: gembira, bersemangat, bangga, bersyukur, kagum, sedih, takut, malu, cemas, dan marah. 
  • Anggota keluarga secara bergiliran mengambil kartu yang diletakkan tertutup. 
  • Saat seorang anggota keluarga mendapat giliran bercerita, anggota keluarga lain mendengarkan.

Umat yang hadir sebanyak 17, dibagi dalam 4 kelompok untuk melaksanakan 4 kegiatan yang sudah disiapkan oleh fasilitator. Makna kegiatan ini : Seringkali sebagai orangtua atau anak kita membawa kemegahan diri. Misalnya sebagai orangtua yang sudah lebih berpengalaman atau sebagai anak yang kekinian. Bermegah diri membuat kita sulit mendengarkan dengan hati, sulit peka untuk memahami kebutuhan sesama di sekitar kita. Hal ini membuat kita lupa bahwa Yesus sendiri datang dengan mengosongkan diri, tidak membawa kemegahan diri. Bersedia mendengarkan dengan hati inilah yang kita bawa dalam relasi dengan orang lain sehingga kita dapat memahami pikiran, perasaan dan kebutuhan mereka. Ketika kita mampu memahaminya, kita melatih kepekaan dan sikap solider kita dalam hidup bersama.

.Pengalaman harian tersebut diperteguh dengan bacaan Kitab Suci yang dikutip dari Injil Lukas LUKAS 2:15-18, 20 yang intinya adalah Pertemuan dengan Kristus terlalu indah untuk didiamkan begitu saja atau untuk dinikmati sendiri. Kita tentu menginginkan agar orang lain juga mengalami perjumpaan dengan Yesus karena begitu ajaibnya Dia
Pertemuan berakhir pada pukul 21.00 dengan membangun niat :
  • Mari membuat Natal Kita Milik Bersama. 
  • Satu kebaikan setiap hari. 
  • Meneruskan kebaikan yang kamu sudah terima kepada orang lain.









Lalu berkat penutup oleh Bapak Theo, prodiakon Lingkungan Arcadius 1. 
Semoga pertemuan ini semakin menyadari peranan Tuhan dalam kehidupannya terutama pada saat menghadapi sesama yang membutuhkan pertolongan dari kita. 
Tuhan memberkati. Amin 🙏

Penulis : Bpk Theo Hari & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "BULAN KELUARGA – MINGGU ke-4 ADVEN PERTEMUAN LINGKUNGAN SANTO ARCADIUS 1"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel