iklan banner

PERTEMUAN ADVEN KE - 3 di LINGKUNGAN FRANSISKUS XAVERIUS 3

Pertemuan adven ke-3 pada Rabu 14 Desember 2022 lingkungan FX-3 melanjutkan pendalaman bulan keluarga 2022. Tema ke-3 adalah "Kami Siap Membantumu". Fasilitator pada pertemuan kali ini adalah Sdr. Alonzo Jethro. Pertemuan dimulai pada pukul 19.30 WIB dan dihadiri oleh 22 orang. 

Pertemuan diawali dengan lagu pembuka, 'PertolonganMu', lalu doa pembuka. Fasilitator memberikan juga pengantar di awal bagaimana akhirnya tema berproses dari awal hingga sampai pada tema ke-3 kali ini. Acara dilanjutkan dengan dinamika kelompok. Umat yang hadir dibagi ke dalam 2 kelompok besar untuk kemudian diberikan tugas menampilkan 2 buah skenario drama. Kelompok pertama ditugaskan menampilkan drama tentang sebuah keluarga sederhana, dengan seorang kepala keluarga yang mengalami tekanan di tempat kerja akan tetapi selalu berusaha menjadi yang terbaik di tengah keluarganya. Intinya, kelompok 1 memberikan solusi supaya anggota keluarga (istri dan anak-anak) dapat memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi sang kepala keluarganya di kantor. Di sisi lain, ada kelompok 2 yang mendapatkan skenario tentang sebuah keluarga penjual buah-buahan di pasar. Digambarkan bagaimana suatu hari keluarga tersebut sedang mengalami hari sulit karena jualannya tidak begitu banyak didatangi pembeli. Sampai pada saat mereka selesai berjualan, saat berjalan pulang, mereka melihat seorang nenek di ujung jalan yang tampak pingsan dan tak seorang pun yang lewat tak peduli padanya. Akhirnya sang istri mengajak sang suami untuk membantu, meski sang suami merasa dilema karena sama sekali tidak memiliki uang lebih hari itu dan khawatir tidak bisa membantu. Kedua kelompok diberikan kebebasan untuk mengakhiri cerita/skenario secara bebas. Dan ternyata kedua kelompok memberikan akhir yang baik bahkan penuh iman karena tetap menyertakan Tuhan dalam kehidupan mereka dengan adanya doa bersama. 

Fasilitator pun kemudian melanjutkan pendasaran Kitab Suci dari dinamika kelompok dari Injil Lukas 6:30-36. Fasilitator mengingatkan pentingnya kita semua untuk bisa terbuka dan menyediakan diri sehingga bisa membantu sesama. Dikutip dari perkataan Mgr Ign. Suharyo, semangat Ekaristis menjadi kunci untuk kita dapat melakukan kebaikan bagi orang lain. Uskup Keuskupan Agung Jakarta yang juga Kardinal ini juga dikatakan pernah mengajarkan bahwa semangat Ekaristis berarti menghayati hidup seperti Yesus yang menyimbolkan diri sebagai roti/hosti, yang siap dipecah dan dibagi. Hidup yang siap membantu bagi yang lain adalah hidup yang terbuka untuk dibagikan kepada sesama. 










Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan lagu peneguhan, 'Jangan Pernah Menyerah'. Lalu, mendoakan Doa Bulan Keluarga bersama-sama. Setelah itu, fasilitator menutup dengan Doa Penutup dan pertemuan diakhiri dengan lagu Penutup, 'Hidup ini adalah Kesempatan'. Acara selesai pada pukul 20.32 WIB.

Penulis : Betawati & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN ADVEN KE - 3 di LINGKUNGAN FRANSISKUS XAVERIUS 3"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel