Bincang Solusi Tim Komsos Dengan DPH Paroki Harapan Indah

Pertemuan team Komsos dengan DPH ini berlangsung pada tanggal 22 Maret 2019 bertempat di Gedung Karya Pastoral (GKP) ruang 201. Pertemuan dimulai pada jam 20.40 WIB, agak mundur dari yang sudah dijadwalkan.  Namun demikian acara ini tetap berlangsung dengan baik.



Dalam kesempatan ini hadir pak Januar Pribadi Noko sebagai ketua Seksi Komsos. Kemudian ada saudara Willy dan Albert yang mewakili team OPERA TELAGA (Operator Teks Lagu Gereja). Ada juga Pak Arief Dwi sebagai Ketua ALTO ( Albertus Photo Club) dan Pak Hery WW sebagai pengendali web dan sosmed yang dikenal dengan tim PARPOL-nya (Partisipan Pelayan Online). Majalah Sanctus diwakili oleh Pak Beng Bakarbessi. Dari pihak DPH ada Romo Yustinus Kesaryanto,Pr dan Pak Heru sekretaris dan Pak Andik Bendahara serta Pak Petrus Urspon sebagai pendamping komsos plus Pak Daniel pendamping kepemudaan.



Pokok bahasan dalam acara meliputi sharing program karya, saran-saran, usulan, serta kesulitan apa yang dihadapi di lapangan. Hampir semua sub seksi mempunyai kendala yang beraneka ragam. Semua kendala tersebut dikomunikasikan dengan DPH. Dari sisi tim komsos pun sudah mencoba  menunjukkan beberapa alternatif untuk mengatasi kendala tersebut yang tentunya hal tersebut perlu mendapatkan arahan pihak DPH. Secara garis besar semua tantangan dan harapan tim komsos diterima oleh DPH dan diberikan alternatif solusi dan dukungan.





Kesempatan yang baik ini dipergunakan oleh Romo Yustinus Kesaryanto,Pr untuk memberikan wejangan dan spirit bahwa komsos harus bisa menampilkan kabar baik, kabar gembira, menjadi misi integrasi yang bisa dilihat orang luar. 

Romo juga berkesempatan untuk membekali tim komsos dengan menjelaskan seputar pelayanan di gereja. Pelayanan di Gereja berbeda dengan pelayanan di perusahaan atau di dunia kerja pada umumnya. Beliau menegaskan bahwa ada 4 tipe pelayan yang harus dimiliki sebagai pelayan gereja : 
  1. Dulos, sebagai pelayan,  hamba budak.  Pelayanan ini hanya melaksanakan sesuai perintah dan tanpa inisiatif. Azas Kepatuhan.
  2. Diakonos, istilahnya pelayan meja sebagai pelayan yang melakukan kerja dengan inisiatif.  
  3. Eferete, pelayan yang bekerja dan taat pada peraturan.
  4. Liturginos, sebagai pelayan umum dan bekerja sesuai aturan.  Punya inisiatif   dalam bekerja. 

Sumber renungan tentang pelayanan ini diambil dari kitab Yohanes 21:15-19. Gembalakanlah domba dombaKu, seorang pelayan yang bukan hanya sekedar hamba saja tapi punya kemampuan berorganisasasi. 
   


Rapat pun selesai pada jam 23.00 WIB dan ditutup dengan doa penutup yang dibawakan oleh Pak Theo Hari. Sebelum pulang semua peserta yang hadir berfoto bersama dan selanjutnya bubar menuju rumah kediaman masing-masing. 


Demikian sekilas info kegiatan seksi komsos, semoga semangat pelayan ini menularkan aura positif bagi semua umat. Selamat melayani !

By Diana - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Bincang Solusi Tim Komsos Dengan DPH Paroki Harapan Indah"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel