Pertemuan Pertama APP 2019 di Lingkungan St. Fransiscus Xaverius 4

Pertemuan 1 APP 2019 baru dilaksanakan tanggal 16 Maret 2019 di kediaman keluarga Bapak Paulus Naran. Acara dimulai pukul 19.30 tepat, untuk membiasakan kedisiplinan dalam mengelola waktu. Meskipun banyak yang minta ijin karena berhalangan hadir, 18 orang yang hadir tetap bersemangat dan terlibat aktif dalam sharing.


Pertemuan pertama dengan tema Berhikmat Dalam Keluarga sungguh luar biasa. Keluarga pak Paulus Naran yang bersedia menyediakan rumah kediaman untuk pertemuan lingkungan, pak Paulus sebagai kepala keluarga bersedia menjadi fasilitator, Rian putra sulung bersedia memimpin lagu pembukaan Kita Berhikmat Bangsa Bermartabat, Revan putra bungsu bersedia membaca Bacaan Kitab Suci.

Hal yang menarik dalam pembahasan Berhikmat Dalam Keluarga adalah bagaimana membentuk keluarga untuk tampil beda, dengan menerapkan kasih, bertindak dan berperilaku yang baik, dan bertutur kata yang positif.


Tidak mudah dalam penerapannya, banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk melakukan kasih. Contoh sederhana yang dilakukan seorang ibu, dini harus bangun melawan ngantuk untuk memasak dan menyiapkan bekal sekolah anak. Seorang ayah harus berhati hati dan bijaksana dalam membimbing anak anak generasi milenial  dalam berkomunikasi baik  secara lisan maupun tulisan. Orang tua harus sabar dan bijaksana serta terus belajar dalam mengikuti  perkembangan teknologi dan komunikasi agar bisa masuk dalam cara berpikir anak anak milenial yang sudah jauh berbeda dengan cara berpikir generasi orang tua mereka. 

Anak anak kita perlakukan sebagai sahabat, pendapat mereka perlu kita dengarkan dan perhitungkan. Selain itu sebagai orang tua tetap mempunyai kewajiban mendidik dan mendampingi mereka. Membentuk menjadi pribadi yang baik, sopan, peduli terhadap sesama. Bentuk konkrit ya adalah mengajari anak untuk memberi salam kepada tamu yang berkunjung ke rumah, menyapa orang yang kita kenal bila bertemu di jalan. Menjawab pesan atau sapaan dari orang tua melalui media elektronik dengan kata kata sopan. Berbicara dengan menggunakan kata kata positif kepada siapapun, baik kepada orang tua, teman dan kepada siapapun.


Pak Paulus Naran,fasilitator Pertemuan 1 APP 2019..FX4

Dalam keluarga yang terdiri dari orang tua, anak,  dan mungkin ada pihak ketiga, akan bisa menjadi keluarga yang berhikmat kuncinya satu yaitu menghadirkan Kristus sendiri, menjalankan perintahnya, yaitu KASIH.

Pertemuan selesai pukul 20.30 ditutup dengan lagu Santo Yusuf Yang Menjaga Keluarga Nasaret.  Lagu ini dinyanyikan dengan penuh hikmat tanpa melihat teks lagu karena semua umat sudah hafal sehingga lagu dapat dinyanyikan dengan penghayatan penuh.

Semoga keluarga kita menjadi keluarga yang berhikmat sesuai dengan yang telah diberi teladan oleh Keluarga Kudus Nasaret.
---
By Paula T Hartati - Partisipan Pelayan On Line (PARPOL)

0 Response to "Pertemuan Pertama APP 2019 di Lingkungan St. Fransiscus Xaverius 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel