Pertemuan APP I : Berhikmat Dalam Keluarga Lingkungan St. Felisitas 2, Paroki Harapan Indah Bekasi

Seperti biasa, APP selalu berfokus pada aksi membangun sikap dan tindakan serta tingkah laku konkret sebagai bentuk persiapan diri dan kelompok menjelang Paskah. Dengan cara itu, gereja Katolik memberi warna khas pada tiga keutamaan Injili, yang secara tradisional dijalankan selama Masa Prapaskah, yaitu : puasa, pantang dan doa. 

Metode pertemuan menjadi sarana sangat penting dalam proses sharing pengalaman iman, baik sebagai pribadi maupun kelompok, sampai pada perumusan tindakan atau sikap konkrit yang dapat dibangun dalam kehidupan nyata. 

Pertemuan APP I Lingkungan Felisitas 2 dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Maret 2019 Pukul 19.30 Wib di kediaman Bp. Robertus di Cluster Heliconia Extention HN 5 no 88, pertemuan APP I kali ini dibawakan Bp. Joko sebagai Fasilitator. Pertemuan I ini dihadiri sekitar 25 orang. 




Sesuai dengan tema I yaitu Berhikmat Dalam Keluarga, kita diajak untuk memaknai dan mempraktekan nya dalam sikap konkrit kita tentang Hikmat yang merupakan kearifan hidup dari Allah oleh karena itu Hikmat sering disebut sebagai “Seni Hidup”. Ciri umum orang berhikmat adalah : 

  1. Mampu melakukan keterampilan tertentu, dan
  2. Mampu membangun relasi yang tepat dengan sesama, alam dan Tuhan

Dalam setiap keluarga dibutuhkan role model dalam hal bertindak dan berbicara, mendengarkan dan mengeluarkan pendapat. Karena itu diperlukan cara yang tepat dan bijaksana untuk menyikapi setiap kekurangan yang ada dan terjadi pada setiap anggota keluarga seperti sikap saling menghargai, tidak sombong serta rendah hati. 





Bacaan Kitab Suci pada pertemuan APP I diambil dari Efesus 5 : 1- 5 tentang Hidup Dalam Kasih. 

Dalam bacaan kali ini kita diminta untuk melakukan perbuatan kasih, karena kita sudah dikasihi Allah maka kita disebut “anak anak terkasih”. Kita juga diajak untuk berhenti dan tidak melakukan perbuatan perbuatan kurang baik seperti pencabulan dan keserakahan, sebab orang orang Kristen menurut Santo Paulus adalah orang orang kudus. 

Keluarga Katolik memiliki potensi untuk tampil beda dari pola hidup negatif dalam masyarakat dan setiap anggota keluarga terpanggil untuk menjadi pelaku pelaku perubahan yang dimulai dari keluarga dengan melakukan perbuatan kasih. Orang tua menjadi role model utama sebagai guru iman bagi anak anaknya, untuk membawa perubahan pribadi dalam keluarga sehingga pola hidup keluarga Katolik kelak menjadi “warisan” bagi generasi berikut nya. 


Acara ditutup dengn ramah tamah dan disampaikan beberapa pengumuman lingkungan. 

Demikian kegiatan pertemuan APP I di Lingkungan Felisitas 2, semoga bisa menjadi inspirasi dan berbagi pengalaman.


By Theo Ryanto - Tim PARPOL  [ Partisipan Pelayan Online ] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP I : Berhikmat Dalam Keluarga Lingkungan St. Felisitas 2, Paroki Harapan Indah Bekasi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel