PERTEMUAN KE 1 - LINGKUNGAN FX4 REFLEKSI PERSAUDARAAN KITA - APP 2021

PERTEMUAN  KE 1  - LINGKUNGAN FX4
REFLEKSI PERSAUDARAAN KITA - APP 2021
“semakin mengasihi  semakin terlibat  semakin menjadi Berkat”

Hari Minggu tanggal 21 Februari 2021 jam 19.30 – 20.30 Lingkungan Fransiskus Xaverius 4 mengadakan pertemuan yang pertama dalam masa Pra Paskah tahun 2021 dengan menggunakan google meet. Pertemuan dimulai tepat waktu sesuai undangan jam 19.30, karena umat sudah masuk ke ruang pertemuan virtual beberapa menit sebelumnya dengan saling sapa karena sudah lama tidak berjumpa secara fisik.

Jumlah akun umat yang bergabung dalam pertemuan virtual sebanyak 16 akun, terdapat 3 akun keluarga  yang hadir adalah pasangan suami istri beserta putra/putrinya, 1 akun milik remaja, akun ini bukan dipinjamkan kepada orang tuanya untuk bisa bergabung tetapi anak remaja ini  yang berjumlah 2 orang ikut hadir dalam pertemuan malam ini, dan terdapat 12 akun yang digunakan ibu-ibu tanpa keluarga yang ikut gabung. Yang menarik untuk dicermati adalah umat yang hadir suami istri berhasil menghadirkan seluruh putra dan putrinya, sehingga bila dihitung jumlah umat yang hadir adalah 1 orang oma, 11 orang ibu, 3 orang bapak, 2 anak remaja dan 7 anak total sebanyak 24 orang



Pertemuan dibuka oleh Ibu Paula A. Tjoe Tjoe H, Ketua Lingkungan FX4 , dan dilanjutkan dengan pemutaran lagu pembukaan “Mars Tahun Refleksi KAJ 2021”.  Alasan lagu pembukaan diganti dengan pemutaran lagu dari youtube dalam pertemuan virtual ini karena bila lagu pembukaan dinyanyikan bersama-sama oleh umat akan terjadi tabrakan suara, selain itu umat juga masih belum hafal dan bahkan ada yang belum mengenal  Mars Tahun Refleksi KAJ 2021 sehingga perlu diperkenalkan kepada umat.

Pertemuan dipimpin oleh Bapak Paulus Naran, beliau adalah salah satu dari tiga  Prodiakon yang berasal dari FX4 dan merupakan Kepala Keluarga yang berhasil menghadirkan kedua putranya untuk ikut hadir di pertemuan Pra Paskah dan pertemuan rutin lingkungan lainnya sebelum masa pandemi. Bacaan diambil dari Injil Yohanes 2 : 1-11 tentang perkawinan di Kana, dan renungan yang disampaikan oleh pak Paulus dengan memberi  contoh kejadiaan nyata  yang sesuai dengan teman pertemuan yaitu “semakin mengasihi  semakin terlibat  semakin menjadi Berkat”

Pada sesi Pertanyaan Refletif, umat menyampaikan sharing tentang apa yang dapat di usahakan untuk membuat  keluarga tetap bersukacita dan  berpengharapan dalam situasi pandemi dan bagaimana kita sebagai keluarga mengupayakan  untuk makin mengasihi, makin terlibat, dan makin  menjadi berkat bagi orang lain di sekitar. Salah satu sharing yang sangat menarik disampaikan oleh ibu yang hadir bersama suami dan seluruh putra dan putrinya yang masih kecil-kecil. Sharing yang disampaikan antara lain untuk tetap membuat bahagia 6 orang buah hatinya di masa pandemi adalah  mengajak mereka di hari Sabtu dan Minggu untuk berkeliling naik mobil dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tetap pakai masker dan tidak turun dari mobil, membeli makanan dan makan bersama di dalam mobil. Hal positif yang diperoleh adalah terjadi komunikasi aktif pada saat makan bersama di mobil, sebab bila di rumah komunikasi terganggu karena  anak-anak di rumah cenderung bermain gadget. Selain itu orang tua dari ke enam putra putri ini sudah memperkenalkan kepada anak-anak untuk peduli kepada sesama. Tindakan nyata yang dilakukan adalah tiap bulan, pada saat mengajak anak-anak berkeliling kota disiapkan bingkisan yang akan dibagikan kepada  orang yang membutuhkan yang ditemui di jalan.





Sebelum pertemuan ditutup, disampaikan pengumuman kepada umat bahwa pertemuan rutin selanjutnya adalah pertemuan Jalan Salib tiap hari Jumat jam 19.30 dan pertemuan Pra Paskah pertemuan 2, 3 dan 4 tiap hari Minggu di jam yang sama yaitu 19.30, serta menggunakan link virtual yang sama juga. Pertemuan ditutup dengan memutarkan lagu “Keluarga Cemara” dan dilanjutkan dengan saling sapa dan canda sampai kurang lebih jam 20.30. 

Penulis : Paula T  & Publisher : Hery WW. - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PERTEMUAN KE 1 - LINGKUNGAN FX4 REFLEKSI PERSAUDARAAN KITA - APP 2021"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel