Pertemuan APP yang ke 3 – Lingkungan Arcadius 6

Pertemuan yang diaadakan pada hari Sabtu, Tgl 13 Maret 2021, pukul 19.30 WIB, ini merupakan pertemuan APP yang ke 3 di Lingkungan Arcadius 6, dimana pertemuan Online dengan Zoom.

Pertemuan kali ini bertema “Persaudaraan dalam Alam Ciptaan”, dimana kesulitan mengajak umat lingkungan untuk terlibat menjadi tantangan tersendiri buat Lingkungan Arcadius 6, sehingga dapat dihadiri oleh 10 orang termasuk kehadiran Pak Theo sebagai Ketua wilayah menjadi suatu kegembiraan tersendiri, apalagi ditambah kehadiran pasangan seniot Pak Martinus dan isteri menjadi penyemangat buat Lingkungan Arcadius 6.

Pertemuan APP kali ini dipandu oleh Ibu Lilik, dan dimulai dengan Lagu Mars Tahun Refleksi 2021. Setelah itu Doa Pembukaan secara bersama dan diikuti oleh Pembacaan Kitab Suci Injil Matius 6: 25-28 dibawa oleh Pak Yulius Cik Wi.

Pendalaman kitab suci kali ini membahas soal teladan Santo Fransiskus Asisi dengan mencintai lingkungan serta melakukan gerakan pengurangan bahan Plastik seperti kantong Plastik dan styrofoam dan sejenisnya, serta pengurangan menggunakan kertas seperti tissue karena merupakan bagian mencegah penggunaan kayu yang berlebihan.


Adapun Analisis Sosial dilakukan dengan pemutaran Video dari KAJ untuk melihat betapa gigihnya perjuangan Pak Slamet Tugiyanto perintis desa Candirejo yang menjadikan desanya sebagai bagian dari tujuan Wisata ke Candi Borobudur, dimana meningkatkan pendapatan bagi rakyat disekitarnya. Karena kegigihannya maka Hadiah Kalpataru didapatkannya.


Setelah itu dilanjutakan dengan pemutaran Video singkat tentang pemanfaatan Limbah kaca menjadi sebuah karya seni yang dilakukan oleh Pak Agung Purwanto sebagai pelukis kaca dari Kediri – Jawa Timur.

Adapun pertanyaan Refleksi – Sharing dan Aksi nyata, menjadikan kita sebagai umat Lingkungan Arcadius 6 dapat berbagi pengalaman tentang pupuk kandangan yang telah dilakukan oleh ibu Lilik untuk tanaman-tanamannya dan pembuatan Eco Enzyme yang sudah dilakukan oleh ibu Saeli, sehingga diharapkan bisa dibagikan secara lebih terperinci cara-caranya buat umat Lingkungan. Adapun Tantangannya menjadikan Lahan disamping Kali menjadi sebagai lahan percontohan untuk penanaman buat ataupun sayuran yang lebih bermanfaan bagi umat lingkungan dan akan segera dijembatanin untuk pembuatan sumur bor sebagai bahan sumber air bersih bagi penyiraman tanaman tersebut, semoga harapan ini dapat terealisir sehingga 6 bulan kedepan sudah terlihat buah dari pertemuan APP ke 3 tentang “ Persaudaraan dalam Alam Ciptaan”.

APP ditutup dengan Doa umat spontan kemudian dipersatukan dengan doa Bapa Kami, serta Doa penutup secara bersama dan dilanjutkan dengan berkat dan pengutusan.

Acara ditutup dengan Lagu “Kasih”, dimana besar harapan menjadikan kita saling mengasihi serta memaafkan diantara kita.

Besar harapan akan makin banyak umat yang terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Lingkungan sesuai dengan ajakan Gereja.
Penulis : Bunarmin  & Publisher : Hery WW  - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP yang ke 3 – Lingkungan Arcadius 6"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel