Pertemuan APP I Lingkungan Felisitas 2


Jadwal Pertemuan APP Lingkungan Felisitas 2
  • Minggu,28 Pebruari 2021 Pukul 19.30 Wib
  • Minggu,07 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib
  • Minggu,14 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib
  • Minggu,21 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib

Keluarga besar lingkungan Felisitas 2 mengadakan pertemuan APP I secara virtual google meet pada hari minggu,28 Pebruari 2021 Pukul 19.30 Wib yang dihadiri oleh 28 orang dan dihadiri ibu Maria Valencia Tan sebagai animator Paroki. Fasilitator pertemuan APP I dibawakan oleh ibu Linda Jamin. Dalam pertemuan pertama ini umat cukup aktif dalam memberikan sharing,tanggapan dan masukan atas materi yang disampaikan dengan tema “Persaudaraan Dalam Keluarga”. Ditambah lagi fasilitator cukup kreatif menampilkan video dan gambar gambar yang merfleksikan kondisi kehidupan dalam keluarga saat ini.

Masa prapaskah tahun ini oleh KAJ disebut sebagai tahun refleksi dalam memasuki tahun 2021, melalui video dan materi materi yang disiapkan oleh komsos KAJ merupakan alat bantu kita dalam memahami jargon semakin mengasihi, semakin terlibat, semakin menjadi berkat.

Dalam pertemuan APP I ini meskipun sederhana tetapi bacaan singkat yang diambil dari Yoh 2 : 1-11 tentang ‘Yesus merubah air menjadi anggur ketika ada pesta perkawinan di Kana” serta ilustrasi ilustrasi yang ditampilkan memberikan makna yang sangat bagus bagi semua umat terutama dalam mennyikapi situasi kehidupan dalam kondisi pandemic covid 19 yang sudah memasuki satu tahun. Lalu bagaimana peran kita sebagai anggota keluarga dalam menghadirkan sukacita dalam keluarga dan tetap memiliki pengharapan bahwa situasi sulit ini akan segera berakhir serta apa upaya yang bisa lakukan agar kita saling mengasihi,makin terlibat dan makin menjadi berkat untuk sesama ? semua itu terungkap dalam hasil sesi tanya jawab atau sharing umat dibawah ini.

Pertanyaan refleksi (1)

Apa yang dapat kita usahakan untuk membuat keluarga kita tetap bersukacita dan berpengharapan dalam situasi pandemi?

Selalu melibatkan Tuhan dalam menumbuhkan kasih didalam keluarga. Masing masing anggota keluarga memiliki peran yang sama pentingnya dalam keluarga sama seperti halnya peran Bunda Maria dan Yesus saat pesta perkawinan di Kana dimana air dirubah menjadi anggur hal ini membuktikan bahwa Bunda Maria dan Yesus tetap ingin menghadirkan sukacita dalam pesta tersebut.

Setiap keluarga bisa berperan menghadirkan sukacita dalam keluarga dengan cara berdoa bersama keluarga, membawa anggota keluarga dalam doa-doa kita atau mengikuti misa online bersama. Ketika kita melibatkan Tuhan maka kita bisa mensyukuri bahwa kita masih punya anak, punya keluarga dan punya orang tua sebab keluarga adalah harta selama kita hidup.

Pertanyaan refleksi (2)

Bagaimana kita sebagai keluarga mengupayakan untuk makin mengasihi, makin terlibat, dan makin menjadi berkat bagi orang lain di sekitarku?

Berbagi hal sederhana yaitu perhatian dan sapa. Menyadari kita adalah bagian dari keluarga maka kita bisa terlibat dalam keluarga, Bunda Maria sendiri menyadari bahwa Dia bersama Yesus dan murid muridnya adalah tamu ketika hadir dipesta perkawinan namun Bunda Maria tahu bahwa persediaan anggur dalam pesta tersebut hampir habis namun dia berperan untuk tetap menjaga sukacita dalam pesta tersebut. Kita juga bisa berperan dalam keluarga kita masing masing contoh memberi waktu untuk diskusi, mendengarkan curhat anak anak, memberi kesempatan kepada anggota keluarga untuk menjaga kebersihan didalam area rumah serta memberikan perhatian kepada orang tua bahkan orang tua juga bisa menjadi guru privat gratis untuk anak anak.

Berbagi berkat melalui hal hal sederhana seperti memberi perhatian dan sapaan,ini bukan sesuatu yang remeh,tegur sapa adalah kehangatan dalam keluarga. Bisa dibayangkan jika dalam keluarga tidak ada tegur sapa ? Jadi kita harus menghargai apapun bentuk perhatian dan sapaan dari setiap anggota keluarga.

Setelah sharing dan tanya jawab selesai dilanjutkan dengan doa umat spontan dan diakhiri berkat penutup oleh Bapak David Kusmanto.














Demikian acara pertemuan APP I lingkungan Felisitas 2 dan bersama keluarga kita harus senantiasa ingat bahwa Persaudaraan dalam keluarga harus dilandasi oleh “KASIH” yaitu kasih dari Allah (1 Korintus 13 : 4-7 tentang Kasih), untuk itu kita perlu membangun semakin mengasihi,semakin terlibat dan semakin menjadi berkat.

Penulis : Theo Ryanto & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP I Lingkungan Felisitas 2"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel