Ibadat Jalan Salib 2021 & Pertemuan APP Ke-4 Lingkungan FX 3


JALAN SALIB & PERTEMUAN APP 4
LINGKUNGAN ST FRANSISKUS XAVERIUS 3
  • Hari Jumat, 19 Maret 2021 
  • Pukul 19.00 - 20.30
  • Total peserta 16 orang
  • Pemimpin ibadat Jalan Salib: Ibu Magdalena Lembong
  • Fasilitator APP 4: sdr Alonzo Jethro
  • Via aplikasi ZOOM.
Dimulai pada pukul 19.00 wib, Lingkungan FX3 mengawali ibadat jalan salib. Total peserta yang terlihat hadir sebanyak 16 peserta. Ibu Magda Lembong yang bertugas memimpin ibadat jalan salib yang berlangsung sekitar 50 menit ini. Pertemuan lingkungan, lalu dilanjutkan dengan pendalaman iman APP pertemuan yang keempat. Sdr. Alonzo Jethro mendapatkan kesempatan membawakan pendalaman iman bagian pamungkas atau keempat ini. Tema yang diangkat adalah "Persaudaraan dalam Dunia Digital"

Diawali dengan doa pembuka, saat membacakan Kitab Suci, Bu Amsi, sebagai partisipan mendapatkan tugas membaca peringkop singkat Yohanes 15:1-17. Bacaan tersebut mengangkat persoalan pokok anggur yang benar dan perintah untuk saling mengasihi.  Dalam bagian pendalaman Kitab Suci, fasilitator menampilkan slideshow (persentasi) melalui aplikasi Canva online. Di dalamnya pun terdapat potongan klip video dan umat diajak untuk dapat berinteraksi bersama. Dalam proses tersebut, fasilitator mencoba mengangkat tema aktual tentang "Media Sosial" yang aktual di tengah kita. Bagaimana menyikapi diri kita terhadap kehadiran teknologi komunikasi dalam dunia digital sekarang ini, salah satunya yaitu media sosial? Seluruh umat, melalui video singkat, diajak merenungkan bahaya sosial media apabila digunakan secara salah, misalnya menyebarkan hoax (kebohongan) dan ujaran kebencian. Umat kembali diingatkan untuk dapat menyadari bahwa segala sesuatu di dunia ini bagaikan sebuah koin, memiliki dua sisi: baik dan buruk. Segala sesuatu akan menjadi baik apabila kita melihat, merasa dan akhirnya bertindak dengan baik pula. Ada gerak MELIHAT-->MERASA-->MELAKUKAN. Hal ini senada dengan sikap Yesus yang didasari kasih, melihat keadaan sekitar, tergerak perasaan dan hatinya oleh belas kasihan, dan akhirnya bertindak. Ini pula yang menjadi moto selama tahun refleksi KAJ: semakin mengasihi, semakin terlibat dan semakin menjadi berkat. Dengan meneladan Beato Carlo Acutis, yang juga kerap dijuluki Santo Pelindung Internet, umat diajak untuk dapat semakin bijak dan tergerak/terlibat di dalam dunia modern yang serba digital saat ini. Umat kemudian menghaturkan doa-doa spontannya, yang kemudian disatukan dalam doa Bapa Kami.








Sebagai penutup, seluruh umat diajak untuk membaca doa penutup bersama dan fasilitator menutup acara dengan memohon berkat Tuhan. 
Terakhir, seluruh umat diajak foto virtual bersama untuk dokumentasi lingkungan.  Pertemuan Pendalaman Iman APP keempat ini memakan waktu 35 menit.

Penulis : Betawati  & Publisher : Hery WW  - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Ibadat Jalan Salib 2021 & Pertemuan APP Ke-4 Lingkungan FX 3"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel