Pertemuan APP ke 4 lingkungan Anastasia 1-4.

Pertemuan APP ke 4 lingkungan Anastasia 1-4. diselenggarakan pada hari Selasa 16 Maret 2021tepatnya pukul  19.30 sampai pk 20.40.  Kali ini petugas dari Lingkungan Anas 4 yang dibuka oleh Bapak Simeon. 

Kegiatan APP kali ini diikuti oleh 26 peserta, dan acara diawali dengan lagu Pembukaan dari Puji Syukur no 365. Thema APP ke 4 yaitu Persaudaraan dalam dunia digital dibuka dengan Prolog oleh Pak Simeon yang menyampaikan pesan kepada seluruh umat khususnya lingkungan Anastasia bahwa Dunia digital dalam bidang komunikasi yang sering disebut Medsos ( Media Sosial ) adalah bagian penting bagi kehidupan manusia modern saat ini, adapun sikap Gereja Katholik menganggap bahwa kemajuan tehnologi dalam dunia digital adalah Karunia Allah yang membantu mempermudah kehidupan manusia. 


Sabda Allah terambil dari kitab Yohanes 15 : 1-17 dan renungan dibawakan secara gamblang dan runtut oleh Ibu Monica. Uraian dan penjelasan yang sistematis dan enak diikuti dibantu dengan pemutaran film singkat tentang dominasi dunia digital dalam hal ini adalah gadget dalam kehidupan keluarga modern. Selain dengan pemutaran film singkat juga ada gambar- gambar yang membantu pemahaman umatbtentang materi yang dijabarkan. 

Hal yang dapat disimpulkan dari uraian tersebut adalah selayaknya kemajuan tehnologi dapat difungsikan dengan tepat dan benar untuk kehidupan umat beriman bukannya malah membelenggu manusia dengan tuntutan zaman dari hari kehari. Seringkali terjadi gadget membuat keluarga yang jauh menjadi dekat lewat dunia Maya dan yang dekat menjadi jauh karena masing- masing sibuk dengan urusannya. Meskipun tehnologi sudah sedemikian canggih ada peran-peran keluarga yang tidak dapat tergantikan oleh tehnologi digital.

Kaitan antara bacaan dengan Thema APP kali ini adalah:
1. Kita harus tetap saling mengasihi
2. Kita umat beriman harus mau dan rela terlibat dengan kasih Yesus
3. Kehidupan umat beriman harus menjadi berkat bagi masyarakat sekitar.

Adapun perutusan gereja dalam dunia digital adalah Bersosialisasi dalam pewartaan firman Tuhan. Beberapa sharing umat menyampaikan dampak positif dan negatif dari kemajuan tehnologi komunikasi ini diantaranya kurang pedulinya kaum muda dalam acara keluarga karena sibuk main gadget, di sisi lain keberadaan Facebook dapat mempertemukan kembali pertemanan.yang sempat loss contact belasan tahun lamanya. Pada akhirnya...kemajuan tehnologi akan menjadi berkat atau bencana tergantung dari diri umat sendiri dalam memanfaatkannya.  

Acara dilanjutkan dengan doa umat lalu doa penutup. Di akhir pertemuan ada lagu penutup dari PS no 664 dan sebelum pertemuan berakhir ada kesan dan pesan dari Bapak Ketua wilayah. Demikianlah kegiatan APP dari Anastasia. God Bless You Are

Penulis : Ratna  & Publisher : Hery WW - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP ke 4 lingkungan Anastasia 1-4."

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel