iklan banner

Pertemuan APP 2021 ke 4 di Lingkungan Arcadius 5



Pada hari Sabtu, 20 Maret 2021, lingkungan Arcadius 5 mengadakan pertemuan APP 4 dengan tema Persaudaraan dalam Dunia Digital melalui gmeet. Acara ini dihadiri 13 keluarga. Pertemuan difasilitasi oleh pak Andreas dan dibuka dengan lagu Mars Tahun Refleksi dan Doa Pembuka.

Tema pertemuan kali ini membahas soal apa pengaruh internet dalam persaudaraan, dulu kita pakai surat menyurat dan telepon, dan pandemi covid yang mempercepat perubahan cara berkomunikasi. Hidup kita sudah dikelilingi media, sikap gereja bahwa internet sebagai karunia Allah yang berkarya melalui manusia.

Bacaan kitab suci diambil dari Injil Yohanes 15:1-17 dan dibacakan oleh pak Arifin. Yesus sebagai pokok anggur dan kita sebagai carangnya, meminta kita untuk saling mengasihi, bersaudara seperti gerombol anggur, dan harus berhubungan dengan pokoknya Yesus.

Untuk mewujudkan hubungan kuat akrab dan pribadi dengan Yesus yang jadi pusat dan pemersatu relasi, Paus menyatakam gereja sebagai rumah semua orang yang mencari perlindungan maka alat digital sebagai alat pewarta suka cita tidak mengandung ujaran kebencian dan bukan berita hoax. Contohnya,  Santo Carlo Acutis meningkatkan kecintaan kepada Tuhan mewartakan iman katholik memanfaatkan internet. Kita juga harus bisa memilah dan bijak dalam memanfaatkan internet. Ada sisi positif internet, yaitu kita bisa berkomunikasi, bisa belajar, bisa bekerja dimana saja, tapi juga ada sisi negatif internet, yaitu anak melihat hal yang seharusnya belum waktunya dilihat, kecanduan game, komunikasi yang ansos, dekat tapi terasa jauh.

Setelah itu, diberikan bahan refleksi untuk direnungkan sebagai wujud aksi nyata. Acara dilanjutkan dengan doa umat,  doa pribadi harapan untuk keluarga,  doa Bapq Kami. Acara dilanjutkan dengan doa penutup dan lagu penutuo Bapa Surgawi. Acara ditutup dengan undian berhadiah bagi umat yang telah hadir di APP 3 & APP 4
















Demikian pertemuan APP 4 berjalan lancar.  Semoga umat dapat menerapkan hal yang diperoleh dari APP kali ini.

Penulis : Agnes & Publisher : Hery WW  - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP 2021 ke 4 di Lingkungan Arcadius 5"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel