Rekoleksi dan Pelantikan Panitia Paskah 2021

Semakin mengasihi, semakin terlibat, semakin menjadi berkat.

Salam jumpa & sehat…dari kami semua Panitia Paskah 2021 dari wilayah Fransiskus Xaverius. Cerita dulu ya…sebenarnya Panitia Paskah ini adalah Panitia Paskah yang untuk tahun sebelum datangnya tamu yang namanya Covid-19…(nggak tau ya…kok langsung 19…yang 1 sampai 18 ada dimana…hehehe…ups..becanda…) jadinya dilanjutkan kepanitiannya sampai dengan tahun 2021 ini yang mana masih dalam masa pandemic.

Pertemuan virtual pada acara Rekoleksi Panitia Paskah 2021 dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2021, pukul 19.30. Dipandu oleh saudara Alonzo Jethro dan Claudio Timoti, dengan Fasilitator yang langsung dibawakan/dipimpin langsung oleh Romo Nemesius Pradipta Pr. (Romo Dipta). Dalam rekoleksi ini, Romo Dipta menyampaikan pentingnya “Penyadaran Diri’, karena terkadang Panitia lebih sibuk mempersiapkan apa dan bagaimana pelaksanaan/perayaannya sehingga lupa untuk berdoa, dan ambil bagian dari makna Paskah itu sendiri yaitu ambil bagian dalam Karya Keselamatan Allah-Kisah Sengsara, Paskah adalah Puncak Perayaan Iman Kita & Liturgi Indah.

Pada kesempatan ini juga Romo Dipta membacakan Kitab Suci dari Yesaya 58; 3 sd. 11 serta memberikan maknanya, lalu kemudian menyampaikan runutan dan pesan serta simbol - PASKAH, mulai dari Prapaskah dengan diawali (start) Rabu Abu (Berdoa, Pertobatan, Penyangkalan diri, Hidup sederhana dengan symbol abu) dilanjutkan Minggu Palma (Yesus masuk ke Yerusalem sebagai Raja, dan kisah sengsara-Nya dengan simbol daun palma); Kamis Putih (Perjamuan terakhir, Penetapan Ekaristi, berjaga bersama Yesus dengan simbol pembasuhan); Jumat Agung (Puncak cinta Allah yang menyerahkan Anak-Nya untuk sengsara sampai wafat di salib untuk menebus manusia dengan simbol tidak ada Ekaristi, penghormatan salib, altar kosong, tanpa berkat dan tanda salib); Vigili Paskah (malam tirakatan Tuhan, liturgi meriah, malam pembebasan, malam Tuhan lewat dengan simbol lilin, pembaptisan/pembaruan janji baptis); Paskah – adalah hari Kebangkitan Tuhan, kita dibebaskan dari dosa dan memperoleh hidup baru bersama Yesus yang bangkit (dengan simbol makam kosong dan penampakan Yesus). Romo Dipta berinteraktif dengan memberikan kesempatan kepada panitia yang hadir untuk bertanya terkait Paskah yang beliau sampaikan tersebut. Dan acara rekoleksi diakhiri dengan doa penutup-perutusan dan berkat penutup oleh Romo Dipta. 







  
Demikian singkat cerita yang dapat kami sampaikan dalam virtual kegiatan rekoleksi panitia paskah 2021. Terima kasih .

Penulis : Panitia Paskah & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Rekoleksi dan Pelantikan Panitia Paskah 2021"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel