Pertemuan APP 4 Lingkungan Felisitas 2

Jadwal Pertemuan APP Lingkungan Felisitas 2

  • Minggu,28 Pebruari 2021 Pukul 19.30 Wib Fs.Ibu Linda jamin,Thema Persaudara Dalam keluarga
  • Minggu,07 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib Fs. Bp.David Kusmanto,Thema Persaudaraan Dalam Keluarga
  • Minggu,14 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib Fs.Bp Theo Ryanto,Thema Persaudaraan Dalam Aalam CiptaanNya
  • Minggu,21 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib  Fs.Bp.Joko Rismanto,Thema Persaudaraan Dalam Dunia Digital

 

Pertemuan APP ke 4 Lingkungan Felisitas 2 diadakan secara virtual google meet pada hari minggu,21 Maret 2021 Pukul 19.40 Wib yang dihadiri oleh 22 orang. Fasilitator pertemuan APP ke 4 adalah Bp. Joko Rismanto. Dalam pertemuan keempat ini dengan tema “Persaudaraan Dalam Dunia Digital”. Pertemuan diawali dengan lagu Mars tahun ferleksi,tetap dengan semangat menjalankan tema APP tahun ini yaitu “semakin mengasihi, semakin terlibat, semakin menjadi berkat”.

Setelah melewati sesi pertemuan APP ke 1,2 dan ke 3 maka pada pertemuan ke 4 kali ini sesuai dengan temanya menitikberatkan pada peran dunia digital dalam hubungan manusia secara pribadi ataupun kelompok dalam memanfaatkan media digital khususnya dalam interaksi dengan sesama maupun dengan dunia luar baik tentang pendidikan,pekerjaan,bisnis ataupun keluarga. Perangkat dunia digital yang semakin maju dan modern membuat semua orang begitu mudah memiliki akses melalui website,media sosial,gambar,video ataupun audio digital.

Peristiwa dan kondisi pandemic covid 19 semakin mempercepat akselerasi pertumbuhan masyarakat digital karena semua aktivitas phisik yang sangat terbatas membuat semua orang hampir disemua aktivitas memanfaatkan dunia digital untuk berkomunikasi. Ditambah lagi dunia digital yang sangat mudah untuk di askes,praktis dan global menyebakan keharusan dan ketergantungan akan digital semakin cepat berkembang.Selain itu terjadi perubahan yang sangat besar dalam pola berkomunikasi dan berkomunitas karena dunia digital berkembang secara masiv.

Gereja sebagai paguyuban umat Allah pun memanfaatkan media digital dengan sangat baik terlebih dalam situasi pandemic covid 19 dengan menerapkan kegiatan pelayanan secara online terutama untuk doa,ibadat,pelayanan,persekutuan,pertemuan,bela rasa dan lainnya hingga saat ini masih bisa dipertahankan walaupun disaat saat awal umat “dipaksa” harus menyesuaikan diri dengan pengetahuan akan dunia digital.

Contoh fenomenal pemanfaatan dunia digital dengan baik adalah ketika seorang Beato St. Carlo Acustis mewartakan iman katolik tentang mukjizat ekaristi,devosi,misa harian dan penyerahan diri secara total atas sakitnya kepada Paus dan Bunda Maria melalui dunia digital internet. Allah sendiri menyapa kita melalui sarana yang ada,seperti penampakan Allah kepada para nabi melalui sarana sekitarnya dan bagi kita dunia digital adalah sarana saluran berkat Allah. Bagaimana kita menyikapi itu semua agar bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Untuk itu penting bagi kita semua untuk memanfaat dunia digital dengan positif dan meninggalkan penggunaan yang negatif sebab alam sekitar,semesta,dan seluruh ciptaanNya disatukan oleh KRISTUS. Dan gereja adalah rumah bagi semua orang untuk DITERIMA,DIKASIHI,BERTUMBUH DAN MENGENAL ALLAH.

 








Demikian laporan pertemuan APP ke 4 Lingkungan Felisitas 2, Tuhann Yesus memberkati.


Penulis : Theo Ryanto  & Publisher : Hery WW - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP 4 Lingkungan Felisitas 2"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel