PENDALAMAN APP 4 2021 LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4

Pada malam hari ini Sabtu 13 Maret 2021 lingkungan mengadakan pertemuan APP yang ke 4, acara dimulai pukul 19.50 Wib melalui online google meet diawali kata pengantar oleh Ibu Elly sebagai ibu Kaling dan dibuka dengan lagu pembuka "Golgota Tempat Tuhanku." Pertemuan di pimpin oleh Fasilitator Bapak Sugi, dan sebagai host google meet oleh Bapak Petrus, materi di share oleh Bapak Sugi. Tema pertemuan App yang 4 ini adalah Persaudaraan Dalam Dunia Digital. Bacaan dari Injil Yohanes 15 : 1-17 "Pokok Anggur yang Benar dan Perintah supaya saling Mengasihi." Untuk Bacaan diputarkan sebuah Video agar umat lebih mudah memahami. Umat yang ikut dalam google meet sejumlah 13 akun dengan total 21 orang, lebih sedikit dari pertemuan APP yang ke 3. Umat cukup antusias diajak oleh fasilitator untuk sharing mengenai pemanfaatan digital dalam kehidupan sehari hari dan pertumbuhan iman kita.

Sharing diawali oleh Bapak Petrus dengan memanfaat web Seputar Santo Albertus untuk memberitakan kegiatan lingkungan Santo Petrus 4 di masa Pandemi masih berjalan secara online atau daring, dan ini akan mendorong umat lingkungan yang lain untuk termotivasi dan menjadi berkat. Ibu Ade sharing tentang kegunaan media sosial untuk menyapa keluarga.

Sharing dari Ibu Susi jadi rajin mengikuti misa harian secara online dan bisa ngobrol dengan keluarga lewat video call. Pak Teddy sharing bisa jualan produk lewat online dan bisa ikut seminar online. Pak Danang sharing memanfaatkan ensiklopedi dan google untuk mencari informasi, bisa belanja online. Ibu Maria sharing pekerjaan bisa dilakukan di rumah, workshop pakai zoom dengan menghadirkan nara sumber jadi lebih hemat. Ibu Yenny dan Gabie sharing memanfaatkan youtube untuk belajar atau melihat tutorial memasak. Pak Sulis sharing selama Isoman tetap bisa bekerja dari rumah dan berhubungan dengan keluarga yang jauh pakai Hp. Pak Kusumba sharing bisa order makanan dengan mudah secara online untuk orang tuanya. Ibu Marni dapat melakukan pelayanan melalui zoom dan mengirformasikan kesehatan pak Beny dengan mengirim data asuransi lewat Hp. Pak Jito sharing penghematan ekonomi karena kalau belanja online lebih murah dan banyak diskon, untuk pekerjaan dan jadi rajin berdoa. Bu Agustina sharing bisa mengadakan doa keluarga rutin secara online dengan keluarga yang jauh, dan sebagai sekertaris bisa membuat laporan, rapat, pelayanan online dari rumah. Ibu Elly sharing pekerjaan bisa ketemu nasabah online tanpa tatap muka dalam menawarkan Asuransi, training online, ikut webinar, ujian tidak perlu datang, untuk pertumbuhan iman: rajin ikut misa harian, meditasi online, misa penyembuhan dan doa kerahiman online. Dan terakhir sharing dari saudara Herby bisa memanfaatkan grabcar online untuk ke rumah sakit dan belanja online.  Serta masih banyak sharing dalam menggunakan sarana digital dengan bijaksana di sekitar lingkungan Santo Petrus 4. Setelah diberikan pertanyaan Reflektif, kemudian dilanjutkan dengan membuat Aksi Nyata yang bisa dilakukan secara online untuk mengumpulkan donasi yang akan digunakan untuk Baksos didalam masa pandemi yang terdampak secara ekonomi.

Setelah sharing dan membangun niat dengan aksi nyata dilanjut dengan Doa Spontan oleh Pak Sugi, Ibu Elly, Ibu Sulis, Pak Petrus, serta Ibu Marni. Selanjutnya disatukan dengan doa Bapa Kami secara bersama, dan di tutup dengan doa penutup serta mohon berkat. Lagu penutup untuk pertemuan ini adalah  Mars Tahun Refleksi KAJ 2021. Selesai pertemuan App dilanjutkan denga ngobrol bebas saling canda dan tegur sapa dan membicarakan rencana Aksi App Baksos yang akan dilakukan oleh lingkungan. Acara selesai pada pukul 21.15 Wib.


























Demikian laporan kegiatan secara online di Lingkungan Santo Petrus 4 di masa pra Paskah untuk pendalaman APP yang ke 4 semoga bisa menginspirasi lingkungan yang lain dan bisa bertemu di acara online berikutnya. Salam Sehat, Tuhan Yesus memberkati.🙏

Penulis : Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PENDALAMAN APP 4 2021 LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel