PENDALAMAN APP 3 2021 LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4

Pada malam hari ini Sabtu 06 Maret 2021 lingkungan mengadakan pertemuan APP yang ke 3, acara dimulai pukul 19.41 Wib melalui online via google meet. Pertemuan di pimpin oleh Fasilitator Bapak Jito, dan sebagai host google meet oleh Bapak Petrus, materi di share oleh Bapak Sugi. Tema pertemuan App yang 3 ini adalah Persaudaraan Dalam Alam Ciptaan. Bacaan dari Injil Matius 6: 25-28 Semangat Persaudaraan dengan seluruh alam ciptaan. Untuk Bacaan dibawakan oleh adik Toza (putra pak Jito). Umat yang ikut dalam google meet sejumlah 14 akun dengan total 24 orang, lebih banyak dari pertemuan APP yang ke 2. Umat cukup antusias diajak oleh fasilitator untuk sharing. Sharing diawali oleh Fasilitator dengan menceritakan kekawatiran tentang alam, karena baru baru ini terjadi adanya angin yang kencang yang telah merusak rumahnya karena genteng pada lepas dan rumah bocor. Tetapi pak Jito menghadapinya dengan berserah pada Tuhan. Dan mulai sekarang mulai merawat alam dengan menanam pohon belimbing di depan rumah untuk menjaga dan mencintai alam. Pak Sugi sharing tentang mempertahankan pohon palem yang ditanam dan mulai belajar untuk menanam sayur sayuran di dalam pot untuk mengisi kesibukan. Sharing dari Ibu Agustin memanfaatkan sampah kulit buah jeruk dibuat ecoenzim yang berguna untuk cuci, ngepel dan untuk merawat kulit wajah biar awet muda. Ibu Ade sharing menanam pohon cemara amanat dari orang tuanya yang harus dipertahankan untuk mencintai alam. Ibu Titin sharing dengan memanfaatkan biji bijian dari cabe dan pepaya yg disebar di pot dan tumbuh subur. Dan masih banyak sharing yang saling menguatkan dalam mencintai alam sekitar lingkungan Santo Petrus 4.

Setelah diberikan pertanyaan Reflektif, kemudian dilanjutkan dengan membuat Aksi Nyata tidak memakai kantong plastik dalam berbelanja, merawat pohon yang sudah ditanam dirumah masing masing.

Setelah sharing dan membangun niat dengan aksi nyata dilanjut dengan Doa Spontan oleh Pak Jito, Ibu Elly serta Ibu Susi, selanjutnya disatukan dengan doa Bapa Kami secara bersama, dan di tutup dengan doa penutup dan doa Tahun Refleksi KAJ 2021 serta mohon berkat. Lagu penutup untuk pertemuan ini adalah  Mars Tahun Refleksi. Selesai pertemuan App dilanjutkan denga ngobrol bebas saling canda dan tegur sapa dan membicarakan rencana Aksi App yang akan dilakukan oleh lingkungan. Acara selesai pada pukul 20.46 Wib.

















Demikian laporan kegiatan secara online di Lingkungan Santo Petrus 4 di masa prapaskah, semoga bisa menginspirasi lingkungan yang lain dan bisa bertemu di acara online berikutnya. Salam Sehat, Tuhan Yesus memberkati.🙏

Penulis : Petrus Indra Gunawan & Publisher : F.X Rudy - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online] Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "PENDALAMAN APP 3 2021 LINGKUNGAN SANTO PETRUS 4"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel