Pertemuan APP II Lingkungan Felisitas 2

Jadwal Pertemuan APP Lingkungan Felisitas 2
  • Minggu,28 Pebruari 2021 Pukul 19.30 Wib Fas.Ibu Linda jamin
  • Minggu,07 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib Fas. Bp.David Kusmanto
  • Minggu,14 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib
  • Minggu,21 Maret 2021 Pukul 19.30 Wib
Keluarga besar lingkungan Felisitas 2 mengadakan pertemuan APP II secara virtual google meet pada hari minggu,07 Maret 2021 Pukul 19.40 Wib yang dihadiri oleh 22 orang. Fasilitator pertemuan APP II adalah Bp. David Kusnanto. Dalam pertemuan keduanya pertama ini dengan tema “Persaudaraan Dalam Masyarakat”. Pada pertemuan kedua minggu ini fasilitator menampilkan video tentang arti memberi yang iklas dan akan mendapatkan ganjaran yang setimpal juga dengan apa yang “kita lakukan atau perbuat” terutama dalam kehidupan bermasyarakat.

Tetap dengan semangat menjalankan tema APP tahun ini yaitu “semakin mengasihi, semakin terlibat, semakin menjadi berkat”.

Dalam APP ke 2 erat kaitannya dengan APP I, dimana kita diajak melebarkan hubungan ke dalam masyarakat yang lebih universal dengan demikian kita diajak untuk bisa melihat kehadiran Allah dalam diri orang lain disekitar kita.

Dipertegas dalam dokumen persaudaraan (human faternity document : frateli tui 4-5) yang di tandatangani oleh St Fransikus dengan iman besar ahmad al tayed di Abudabi bahwa kita diajak untuk mengasihi secara universal, membangun semua persaudaraan tanpa batas dan melakukan rekonsiliasi dengan semua orang tanpa sekat.

Bacaan Kitab Suci pada APP II diambil dari Luk 10 : 25-37 tentang orang samaria yang baik hati. Dalam bacaan ini ada 3 orang pelaku utama yaitu seorang Imam,orang lewi dan orang samaria dimana Imam dan orang lewi adalah orang orang yang tidak peduli dan tidak suka membantu sementara orang samaria adalah orang kelas 2 dalam sejarah yahudi namun memiliki hati yang mulia karena suka membantu orang papa,lemah,miskin dan dalam kesusahan tanpa ada sekat dan jarak, bahkan harta mereka pun rela dikurbankan untuk membantu sesamanya.

Dalam diri orang samaria terdapat ketulusan hati dan mereka tidak pernah melihat status orang yang dibantu dan menderita, sebab seringkali kita melihat bahwa ada orang yang membantu tetapi tujuannya hanya untuk pencitraan tetapi dalam diri orang samaria yang dilihat adalah “apa yang mereka lakukan” bukan dengan tujuan pencitraan. Yesus mengakhiri sebuah pertemuan dengan berkata “pergilah dan lakukanlah demikian” artinya Yesus meminta kita untuk menyingkirkan perbedaan dan menjadikan sesama adalah sama tanpa melihat latar belakang mereka.

Ada 5 makna dalam bacaan Kitab Suci diatas, yaitu :
  1. Yesus mengajak kita untuk memiliki hati yang peka dan terbuka
  2. Tindakan nyata membantu sesama
  3. Kita diminta mengenal wujud kristus lewat orang yang tersisih
  4. Mengingat kehadiran Tuhan yang mengasihi sesama tanpa batas
  5. Menyadari spiritualitas persaudaraan sebagai alasan mengasihi sesama tanpa melihat latar belakang
Aksi nyata dalam APP terdiri dari 3 bagian,yaitu :

Demikian acara pertemuan APP II lingkungan Felisitas 2 dan bersama masyarakat kita diajak untuk mewujudkan persaudaraan tanpa dibatasi oleh suku,agama,ras maupun status orang-orang disekitar kita sehingga terwujud rasa “semakin mengasihi,semakin terlibat dan semakin menjadi berkat”.

DOKUMENTASI KEGIATAN







THE BEST SHARING SESSION










Penulis : Theo Ryanto  & Publisher : Hery WW - Tim PARPOL  [Partisipan Pelayan Online]
Paroki Harapan Indah Bekasi

0 Response to "Pertemuan APP II Lingkungan Felisitas 2"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel